Jumat, 22 Agustus 2014

Buttermilk Pancake

Sebenernya sudah banyak ya tepung pancake langsung jadi di jual di supermaket,jadi gak usah repot2 lagi takar menakar bahan2 kalau mau buat pancake.
Tapi gak ada salahnya deh sekali-kali buat adonan sendiri,gampang kok. Pakai takaran measuring cup aja. Bisa dibeli di ace hardware atau di pasar. Bahan2nya juga gak susah,biasanya sih ibu2 pasti ada stoknya deh di kulkas. 
Pancake buttermilk ini enak deh,lebih moist. Tapi saya belum pernah dapetin produk buttermilknya. Dan setelah googling,ternyata buttermilk itu hampir mirip rasanya dengan susu yang di campur dengan air jeruk nipis/lemon. Bisa juga dengan cuka masak. 3 cup susu cair diberi campuran 1-2 sdm air jeruk nipis/lemon/cuka masak,kemudian aduk dan diamkan selama 10-15mnt,nanti susu akan berubah tekstur jadi lebih bergumpal/kental. Baru deh bisa digunakan. 

Untuk hasil jadi adonan di resep ini lumayan banyak ya. Kalau mau buat separohnya aja juga bisa,takarannya separuhnya ya. 

Resep Buttermilk's Pancake

Bahan-bahan :
- 3 cup tepung terigu serba guna
- 2 sdt baking powder
- 1 sdt soda kue
- 3 sdm gula pasir
- 2 telur ukrn besar kocok lepas
- 3 cup buttermilk
- 4 sdm unsalted butter,lelehkan
- 1 sdt essence vanilla (tdk pakai juga boleh)
- 1/2 sdt garam
Cara membuat : 
1. Campur terigu,baking powder,soda kue,garam dan gula dalam satu wadah.
2. Dalam wadah lain,campur buttermilk,telur dan butter leleh. Kemudian campurkan kedalam adonan terigu,aduk cepat hanya sampai tercampur saja. Jangan overmix,biarkan adonan masih agak sedikit bergerindil.
3. Panaskan wajan dengan api kecil,oles dengan sedikit butter (utk wajan anti lengket/teflon berkualitas baik,wajan tdk dioles juga tdk apa2). Jika terlalu berminyak,lap dengan tissue atau lap bersih.
4. Tuang adonan sekitar 1 sendok sayur. Ketika bagian atas sudah mulai bergelembung/bolong2 dengan merata dan bagian sisi sdh mulai kering,segera balik pancake. Masak lagi sbtr sampai bagian bawah kecoklatan. Lalu angkat. Lakukan sampai adonan habis.
5. Sajikan hangat,dengan topping sesuai selera.

Tips : Panaskan wajan datar dahulu,sebelum menuangkan adonan. Dan selalu menggunakan api kecil supaya pancake tdk cepat gosong. Jika memakai wajan anti lengket,tidak dioles butter juga tidak apa2, justru akan menghasilkan warna coklat yang merata.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar