Selasa, 26 Agustus 2014

Churros with Choco Dipping Sauce

Hari ini kepengen banget buat cemilan. Buka2 lemari & kulkas,masih ada tepung terigu ,susu cair,sama telur lumayan banyak. Akhirnya kepikiran buat churros deh,pake saus coklat buat cocolannya,hehe.
Sebenernya kehabisan coklat bubuk,tapi masih punya stock hot cocoa drink Delfi. Jadikah saya pakai itu aja,sama kok,bedanya gak terlalu pahit,karena sudah di mix dengan gula.

Kali ini tidak langsung saya goreng adonan churrosnya. Tapi saya cetak dulu diatas loyang,trus saya bekuin sehari semalam,besoknya baru saya goreng. Tujuannya supaya bentuknya tetap bagus pas digoreng. Dan alhamdulillah sesuai keinginan saya hasilnya. Saya juga masih memakai spuit bintang ukuran sedang. Karena belum punya spuit yg ukuran besar. Jadi churrosnya sedikit langsing deh,hehe.



Resep Churros

- 150 gr tepung terigu serba guna (ayak)
- 250 ml air ( saya pakai susu biar lebih enak)
- 50 gr butter/ margarin (saya pakai margarin)
- 1/4 sdt garam
- 2 sdm gula
- 1/4 sdt vanilla (saya skip)
- 2 btr telur ayam (kocok lepas)

Cara membuat :
1. Masak susu,margarin,gula dan garam sampai mendidih. Kemudian matikan api. Lalu masukan terigu yg sdh diayak. Aduk2 sampai rata. Kemudian nyalakan api (kecil saja) lalu masak adonan sambil diaduk sampai kalis ( tidak ada adonan yg lengket di dasar panci). Kemudian matikan api.
2. Biarkan adonan sampai agak dingin/hangat2 kuku (boleh di dinginkan sambil diaduk2 dengan sendok kayu). 
3. Setelah agak dingin,masukan telur sedikit2,sambil diaduk2 dengan sendok kayu,lakukan sampai telur habis. Aduk hingga rata dan adonan bertekstur lengket. 
4. Masukan adonan kedalam plastik segitiga yang sudah diberi spuit kue berbentuk bintang dengan ukuran besar. 
5. Kemudian semprotkan adonan sepanjang 10cm keatas loyang yg sdh dioles margarin dan diberi tepung. Lakukan sampai adonan habis. 
6. Kemudian masukan adonan ke dalam freezer,sampai membeku. Adonan dibekukan dengan tujuan supaya bentuk adonan tetap bagus ketika digoreng.
7. Jika adonan telah beku,congkel ujung adonan dengan pisau kue atau ujung sendok. Lalu goreng dalam minyak yg sudah dipanaskan sebelumnya. Goreng sampai warna coklat keemasan. Lalu angkat. Sajikan selagi hangat dengan taburan gula+kayu manis atau coklat dipping. 

Resep Coklat Dipping

- 2 sdm coklat bubuk (saya pakai 2 bkgs hot cocoa Delfi,krn kebetulan coklat bubuk saya habis)
- 1/3 cup air
-1/3 cup susu cair putih
- gula secukupnya
- mentega 2 sdm
- 1 sdm tepung terigu (bisa di skip kalau tidak mau terlalu kental)

Cara membuat :
- Masak semua bahan dalam panci diatas api kecil sambil diaduk2 hingga mendidih dan kental. Angkat,dinginkan sambil diaduk2 supaya coklat dipping tidak berkulit dipermukaan. Sajikan dengan churros. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar