Sabtu, 30 Agustus 2014

Resep Mini Spinach Quiche Lorraine

Well,ternyata hari ini mood baking saya masih on top banget. Jadilah tadi siang saya buat mini quiche bayam. Resepnya saya dapat dari blognya mba Nina. 
Sebenernya di blog,mba Nina bikinnya bukan mini quiche. Tapi karena saya belum punya cetakan pie yg besar,jadi saya pakai cetakan pie yang kecil2. Dan di blog mba Nina,katanya kulit pie gak perlu dipanggang setengah matang dahulu kalau pakai cetakan pie mini. 
Tapi saya punya pengalaman pas bikin pie ragout ayam. Kulitnya pas dicetak  langsung saya beri isian ragout ayam yang lumayan basah ya,eh pas dipanggang,kulitnya lama matangnya,sedangkan ragout ayamnya sudah overcook. Dan setelah matangpun kulitnya gak renyah,cenderung lembek.
Jadi kali ini saya memutuskan untuk memanggang kulit pie nya sampai setengah matang dulu,baru diberi isian dan disiram custardnya.
Hasilnya,kulitnya renyah dan enak digigit!!


Resep Mini Quiche Lorraine

Bahan untuk kulit :
- 350gr tepung terigu protein sedang
- 200 gr butter/margarin
- 3 btr kuning telur
- 50 ml air es

Bahan untuk isian :

- 200 gr jamur kaleng iris tipis
- 100 gr bayam,seduh dengan air panas,lalu iris kecil2
- 1 butir bawang bombay,cincang halus
- 6 lbr daging smooked beef ( bisa diganti dengan sosis atau daging burger farm house)
- 100 gr keju cheddar,parut halus

Bahan untuk custard :

- 500 ml susu 
- 5 butir kuning telur
- 3/4 sdt garam
- 1/4 sdt merica
-->>Campur semua bahan dan aduk sampai rata.

*saya pakai masako rasa ayam untuk pengganti garam dan merica


Cara membuat : 

1. Siapkan loyang pie mini,lalu oleskan margarin tipis2. Kemudian panaskan oven dengan api sedang.
2. Campur terigu,butter dan kuning telur. Aduk sampai berbulir-bulir. 
3. Tuang air es sedikit demi sedikit,aduk dengan ujung jari,sampai adonan dapat dibentuk. Bulatkan.
4. Gilas adonan dan cetak dalam cetakan pie,tusuk2 dasarnya dengan garpu.
5. Panggang kulit pie sampai setengah matang,kurang lebih 15mnt. Angkat.
6. Isi pie dengan bahan isian,lalu tuangkan adonan custard sampai penuh.
7. Panggang kembali hingga matang
Kurang lebih sekitar 40mnt,tapi tergantung oven masing2.
8. Angkat dan biarkan hangat,lalu keluarkan dari cetakannya. Sajikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar