Selasa, 05 Agustus 2014

Creamy Fettuccine Carbonara

Pagi ini buat sarapan dari pasta lagi. Kali ini fettuccine. Awalnya mau buat spaghetti carbonara,tapi pas semalam beres2 lemari makanan,ada pasta fettuccine belum pernah dimasak. Akhirnya tadi pagi dieksekusi deh,hehe...
Bikin fettuccine carbonara ini gampang koq,bahan2 yang dipakai juga fleksibel. Bisa diganti sesuai stock yang ada di rumah. Seperti smooked beef,bisa diganti sosis atau daging ayam. Untuk daging ayam,pastikan ditumis sampai matang ya! Dan untuk pemakaian cream uht,kalau gak ada bisa diganti dengan 1 sdm tepung terigu. Keju parmesan diganti dengan keju cheddar dan daun parsley bisa diganti dengan seledri,tp jangan terlalu banyak ya,mengingat dau seledri aromanya kuat. Olive oil juga bisa diganti dengan minyak sayur biasa tanpa aroma. Fleksibel kan?? Hehe

Oke,berikut saya kasih resep fettuccine yang tadi pagi saya buat ya. Komentar dari anak2 dan ibu mertua saya cuma satu kata aja...ENAAAKK!! 
Bahagia rasanya...hehe.
Fettuccine Carbonara

Bahan-bahan :
- 120 gr fettuccine
- 150 ml susu cair
- 3 sdm uht cream (saya pakai merk anchor)
- 30 grm keju parmesan (saya pakai keju cheedar,parut halus)
- 3 lbr smooked beef,potong panjang sekitar 3cm
- 1 siung bawang bombay,cincang agak halus
- 1 siung bawang putih,cincang
- 1 sdt gula
- 1/4 sdt merica
- garam secukupnya
- 1 sdm margarin
- 2 sdm olive oil
- daun parsley secukupnya
- 1 sdt kaldu ayam (saya pakai masako,di skip juga gpp)

Cara membuat :
1. Rebus fettucine dalam air yang sdh diberi garam (sekitar 1/2 sdt) sampai empuk tapi jangan terlalu lembek. Kemudian angkat,tiriskan dan beri olive oil agar tidak lengket. Pastikan merebus pasta 10-12 mnt sblm membuat sausnya.
2. Panaskan margarin dan olive oil. Lalu masukan bawang putih dan bawang bombay,tumis sampai harum,lalu masukan smooked beef. Beri bumbu : garam,merica,gula dan kaldu ayam. Aduk rata sampai smooked beef matang.
3. Lalu masukan susu cair,kecilkan api,kemudian masukan keju,aduk sampai keju larut,baru kemudian masukan cream uht. Masak hinggal kental sambil diaduk. Koreksi rasanya apa sudah pas rasa manis dan asinnya. 
4. Jika rasanya sudah pas,angkat dan tuangkan saus keatas fettuccine,kemudian beri taburan daun parsley cincang,hidangkan panas2.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar