Jumat, 18 Juli 2014

Eclairs with Cheese Mustard Filling

Beberapa minggu yang lalu,sempet 2x gagal bikin choux pastry😭,kayaknya pas bikin itu moodnya lagi gak bagus dan kondisi saya yg lagi dihantui kerjaan rumah tangga lain yang menumpuk,jadi membuyarkan konsentrasi. Jadilah ada beberapa step yang salah dilakukan.
Akhirnya hari ini bisa bikin juga dengan santai dan rileks...dan hasilnya alhamdulillah sukses!!👏👏 senangnyaa gak terkira!! Resep eclairs ini saya dapet dari blognya mba Ricke-ordinarykitchen. 
Setelah lihat resep choux pastry di blog2 masak yg lain,cocoknya dengan resep dari mba Ricke ini,step2 nya dijelasin dengan detail. Makasih ya mba Ricke buat sharing resepnya😊,saya share di blog saya ya mba...☺️
Eclairs with Cheese Custard

Bahan untuk choux pastry : 
- 200 ml air
- 100 gr margarin/ salted butter
- 125 gr tepung terigu,ayak
- 3 btr telur ukrn besar (4 butir jika ukuran kecil),kocok lepas
- 1/4 sdt garam
- 1 sdm gula pasir
- kantong segitiga & spuit bintang ( saya pakai yg paling besar)

Cara membuat :
1. Campur air,margarin/butter,garam dan gula pasir. Didihkan diatas api kecil.
2. Matikan api,kemudian masukan terigu yg sdh diayak. Aduk rata dengan sendok kayu sampai tercampur dengan baik. Nyalakan kembali api,kecil saja. Masak adonan sambil diaduk-aduk hingga kalis (tidak ada adonan yg menempel di panci). Angkat dan dinginkan.
3. Masukan telur yg sdh dikocok lepas sedikit demi sedikit kedalam adonan sambil dimixer dengan kecepatan rendah. Jika dirasa adonan dirasa sdh cukup lembut tapi telur masih tersisa,hentikan penambahan telur. Karena adonan yg terlalu cair akan susah untuk di spuit.
4. Masukan adonan kedalam kantong segitiga,spuit memanjang diatas loyang yg sudah dioles tipis margarin. Beri jarak yg cukup satu sama lain.
5. Panggang adonan didalam oven yg sudah dipanaskan dengan suhu 200'C ,selama krg lbh 30 menit. Sesuaikan dengan oven masing2. Jika adonan sdh terlihat mengembang dengan kokoh,kuning kecoklatan dan busa pada adonan sdh hilang,maka adonan sdh matang dan siap dikeluarkan. Dinginkan diatas rak kawat.

Bahan Cheese Custard :
- 250 ml susu cair
- 25 gr gula pasir ( me 30 gr)
- 1/8 sdt garam
- 30 gr tepung maizena,larutkan dengan air
- 50 gr white cooking chocolate,cincang
- 50 gr keju cheddar,parut halus
- 1 kuning telur,kocok lepas
- 1/2 sdt vanilla bubuk
- 1 sdm margarin/ butter

Cara membuat : 
1. Panaskan susu,gula,garam,diatas api kecil hingga mendidih pinggirannya. Masukan keju parut,aduk hingga keju mulai larut,masukan larutan maizena,aduk2 hingga mengental dan meletup-letup. 
2. Masukan white cooking chocolate cincang,aduk2 hingga coklat larut. Matikan api.
3. Masukan kuning telur sambil terus diaduk,nyalakan api kecil. Masak hingga meletup-letup. Angkat dan matikan api. Kemudian masukan margarin/butter,vanilli,aduk sampai licin. Selagi vla didinginkan,harus terus diaduk supaya tidak berkulit. Selain itu,jika vla diaduk2 sampai dingin akan terlihat cantik mengkap dan licin,lalu siap digunakan.
Utk topping,lelehkan DCC secukupnya.

Penyelesaian : 
- Gunting salah satu sisi panjang choux pastry,lalu isi dengan cheese custard,lakukan sampai selesai. Kemudian celupakan bagian atas choux pastry kedalam coklat leleh,biarkan coklat membeku kembali. Lakukan sampai selesai. Siap dihidangkan setelah coklat membeku.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar